Minggu, 14 Juli 2013

KARAKTERISTIK MEDIA PEMBELAJARAN


1.    MEDIA VISUAL
Media visual juga disebut media pandang,karena seseorang dapat menghayati media tersebut melalui penglihatannya. Contoh: foto, gambar, poster, grafik, kartun, liflet, buklet, torso. Media ini dapat dibagi menjadi dua, yaitu:
·         Media visual yang tidak diproyeksikan
·         Media visual yang diproyeksikan
Ø  Media Visual yang tidak diproyeksikan seperti,gambar mati/gambar diam.
v  Kelebihan Gambar
a)    Dapat menerjemahkan ide – ide abstrak kedalam bentuk yang lebih nyata.
b)    Banyak tersedia dalam buku – buku .
c)    Sangat mudah dipakai karena tidak membutuhkan peralatan.
d)    Relative tidak mahal.
e)    Dapat dipakai untuk berbagai tingkat pelajaran dan bidang study.
v  Kelemahan Gambar
a)    Terkadang terlampau kecil untuk ditunjukan di kelas yang besar.
b)    Tidak dapat menunjukan gerak.
c)    Pebelajar tidak selalu mengetahui bagaimana membaca gambar.
Ø  Media Visual yang diproyeksikan seperti OHP.
v  Kelebihan OHP
a)    Guru dapat mempersiapkan materi pelajaran sebelumnya sehingga jam mengajar dapat dimanfaatkan seefisien mungkin.
b)    Tidak menyebabkan tangan kotor seperti pada kapur.
c)    Dapat digunakan untuk menjelaskan berbagai bidang studi.
d)    Sinar lampunya cukup terang sehingga dapat digunakan diruang normal.
e)    Mudah digunakan karena sederhana.
f)     Dapat digunakan pada pebelajar yang jumlahnya besar.
v  Kelemahan OHP
a)    Efektifitas penyajian OHP tergangtung pada penyaji.
b)    OHP tidak dipersiapkan untuk belajar mandiri.
c)    Bahan – bahan cetak seperti gambar, majalah, Koran, tidak dapat secara langsung diproyeksikan karena harus dipindahkan terlebih dahulu.
d)    Terkadang ada bagian yang tidak dapat diamati bila guru perlu menambahkan suatu tulisan pada transpran, karena tertutup oleh bayangan guru.
2.    MEDIA AUDIO
Media Audio merupakan suatu media untuk menyampaikan pesan dari pengirim ke penerima pesan melalui indera pendengaran. Contoh: pita audio(rol kaset), piringan audio, radio.
v  Kelebihan media audio
a)    Tidak begitu mahal untuk kegiatan pembelajaran.
b)    Audio – tape cukup hemat,sebab suatu rekaman dapat dihapus dan diganti dengan materi yang baru.
c)    Dapat digunakan untuk pembelajaran kelompok maupun individual.
d)    Pebelajar yang tuna netra maupun yang tuna aksara dapat belajar melalui media audio.
e)    Media audio dapat membawakan pesan verbal yang lebih dramatis dari pada media cetak.
f)     Dengan sedikit imaginasi guru, program audio dapat bervariasi.
g)    Cassette tape – recorder sangat ideal untuk belajar mandiri di rumah,karena bahan pembelajaran pada pita kaset dapat diperbanyak.
v  Kelemahan media audio
a)    Melalui media audio kaset, dapat mendengarkan urutan penyajian yang tetap, bahkan bila diputar kembali, akan terdengar hal – hal yang sama.
b)    Tanpa ada penyaji yang bertatap muka langsung dengan pebelajar
c)    Pengembangan media audio yang baik, akan banyak menyita waktu.
d)    Penentuan cara penyampaian informasi dapat menimbulkan kesulitan bila pendengar memiliki latar belakang serta kemampuan mendengar yang berbeda.
e)    Tidak dapat diperoleh balikan secara langsung karena hanya ada satu jalur penyampaian informasi.

3.    MEDIA AUDIO VISUAL
Media audio visual merupakan media yang dapat dilihat sekaligus dapat didengar, seperti: film bersuara, video, televisi, sound slide. Media ini dibagi menjadi dua yaitu:
·         Media Audio Visual Gerak
·         Media Audio Visual Diam
Ø  Media Audio Visual Gerak seperti, Televisi
v  Kelebihan Televisi
a)    Bersifat langsung dan nyata, serta dapat menyajikan peristiwa yang sebenarnya.
b)    Memperluas tinjauan kelas, melintasi berbagai daerah atau berbagai negara.
c)    Dapat menciptakan kembali peristiwa masa lampau.
d)    Dapat mempertunjukkan banyak hal dan banyak segi yang beraneka ragam.
e)    Banyak mempergunakan sumber-sumber masyarakat.
f)     Menarik minat anak
g)    Masyarakat diajak berpartisipasi dalam rangka meningkatkan perhatian mereka terhadap sekolah.
v  Kelemahan Televisi
a)    Televisi hanya mampu menyajikan komunikasi satu arah
b)    Televisi pada saat disiarkan akan berjalan terus dan tidak ada kesempatan untuk memahami pesan-pesan nya sesuai dengan kemampuan individual siswa.
c)    Guru tidak memiliki kesempatan untuk merevisi tayangan TV sebelum disiarkan.
d)    Layar pesawat televisi tidak mampu menjangkau kelas besar sehingga sulit bagi semua siswa untuk melihat secara rinci gambar yang disiarkan.
e)    Kekhawatiran muncul bahwa siswa tidak memiliki hubungan pribadi dengan guru, dan siswa bisa jadi bersifat pasif selama penayangan.
Ø  Media Audio Visual Diam seperti Film Bingkai
v  Kelebihan Film Bingkai sebagai media pendidikan
a)    Materi pelajaran yang sama dapat disebarkan  ke seluruh siswa secara serentak
b)    Perhatian anak-anak dapat dipusatkan pada satu butir tertentu
c)    Fungsi berfikir penonton dirangsang dan dikembangkan secara bebas
d)    Film bingkai berada di bawah kontrol guru
e)    Dapat dilakukan secara klasikal maupun individu
f)     Penyimpanannya mudah (praktis)
g)    Dapat mengatasi keterbatasan keterbatasan ruang, waktu dan indera
h)   Mudah direvisi/diperbaiki, baik visual maupun audionya
i)     Relatif sederhana dan murah dibandingkan dengan media TV
j)     Program dibuat dalam waktu singkat.

v  Kelemahan Film Bingkai sebagai media pendidikan
a)    Program film bingkai yang terdiri dari gambar-gambar lepas mudah hilang atau tertukar apabila penyimpanannya kurang baik
b)    Hanya mampu menyajikan objek-objek secara diam
c)    Penggunaan program slide suara memerlukan ruangan yang gelap, apabila tidak gelap makagambar yang diproyeksikan kurang jelas
d)    Dibangdingkan dengan gambar, foto, bagan atau papan flanel pembuatan film bingkai jauh lebih mahal biayanya

4.    MULTIMEDIA
Multimedia diartikan sebagai penggunaan berbagai jenis media secara berurutan untuk menyajikan suatu informasi.
v  Kelebihan Multimedia dalam pendidikan
a)    Sistem pembelajaran lebih inovatif dan interaktif.
b)    Mampu menimbulkan rasa senang selama PBM berkangsung sehingga akan menambah motivasi siswa.
c)    Mampu menggabungkan antara teks, gambar, audio, musik, animasi gambar atau video dalam satu kesatuan yang saling mendukung sehingga tercapai tujuan pembelajaran.
d)    Mampu menvisualisasikan materi yang abstrak
e)    Media penyimpanan yang relative gampang dan fleksibel
f)     Membawa obyek yang sukar didapat atau berbahaya ke dalam lingkungan belajar
g)    Menampilkan obyek yang tidak dapat dilihat dengan mata telanjang
v  Kelemahan Multimedia
a)    Biaya relative mahal untuk tahap awal
b)    Kemampuan SDM dalam penggunaan multimedia masih perlu ditingkatkan.
c)    Belum memadainya perhatian dari pemerintah
d)    Belum memadainya infrastruktur untuk daerah tertentu

5.    MEDIA REALIA
Realia atau disebut juga objek adalah benda yang sebenarnya dalam bentuk utuh. Misalnya: Orang, Hewan, Sawah, Tumbuhan.
v  Kelebihan Media Realia
a)    Menampilkan objek secara nyata
b)    Biaya relative murah.
c)    Sistem pembelajaran bisa langsung dipahami siswa.
d)    Dapat mempertunjukan banyak hal dan beraneka ragam
e)    Proses pembelajaran dapat berlangsung di mana pun dan kapan pun.
f)     Menanamkan konsep dasar yang konkrit, benar, dan berpijak pada realitas.
g)    Sifatnya konkrit lebih realistik dibandingkan media lainnya.
v  Kelemahan Media Realia
a)    Objek yang ditampilkan cenderung monoton sehingga tidak menarik minat siswa
b)    Siswa tidak selalu mengetahui bagaimana membaca objek nyata/real.

6.    Definisi Grafik Garis (Line Graph)
Yaitu grafik yang paling dapat menggambarkan data secara tepat. Dapat menggambarkan hubungan antara dua kelompok data dan dapat digunakan untuk data – data yang kontinyu. Diagram garis juga memiliki sumbu datar dan sumbu tegak, dimana sumbu datar menyatakan waktu dan sumbu tegak menyatakan kuantum data.

7.    Definisi Grafik Batang
Diagram batang (histogram) adalah gambaran mengenai suatu distribusi frekuensi, dimana untuk setiap kelas dinyatakan dalam skala horizontal (datar) dan frekuensinya dalam skala vertical (tegak); atau sebaliknya.
8.    Definisi Bagan
Bagan merupakan media yang berisi tentang gambar – gambar keterangan – keterangan, daftar – daftar dan sebagainya. Bagan digunakan untuk memperagakan pokok – pokok isi bagasi secara  jelas dan sederhana antara lain: perkembangan, perbandingan, struktur, organisasi.


DAFTAR PUSTAKA
·         Sri Anitah, Media Pembelajaran.

0 komentar:

Posting Komentar