1.
MEDIA
VISUAL
Media
visual juga disebut media pandang,karena seseorang dapat menghayati media
tersebut melalui penglihatannya. Contoh: foto, gambar, poster, grafik, kartun,
liflet, buklet, torso. Media ini dapat dibagi menjadi dua, yaitu:
·
Media visual yang tidak diproyeksikan
·
Media visual yang diproyeksikan
Ø Media
Visual yang tidak diproyeksikan seperti,gambar mati/gambar diam.
v Kelebihan
Gambar
a) Dapat
menerjemahkan ide – ide abstrak kedalam bentuk yang lebih nyata.
b) Banyak
tersedia dalam buku – buku .
c) Sangat
mudah dipakai karena tidak membutuhkan peralatan.
d) Relative
tidak mahal.
e) Dapat
dipakai untuk berbagai tingkat pelajaran dan bidang study.
v Kelemahan
Gambar
a) Terkadang
terlampau kecil untuk ditunjukan di kelas yang besar.
b) Tidak
dapat menunjukan gerak.
c) Pebelajar
tidak selalu mengetahui bagaimana membaca gambar.
Ø Media
Visual yang diproyeksikan seperti OHP.
v Kelebihan
OHP
a) Guru
dapat mempersiapkan materi pelajaran sebelumnya sehingga jam mengajar dapat
dimanfaatkan seefisien mungkin.
b) Tidak
menyebabkan tangan kotor seperti pada kapur.
c) Dapat
digunakan untuk menjelaskan berbagai bidang studi.
d) Sinar
lampunya cukup terang sehingga dapat digunakan diruang normal.
e) Mudah
digunakan karena sederhana.
f) Dapat
digunakan pada pebelajar yang jumlahnya besar.
v Kelemahan
OHP
a) Efektifitas
penyajian OHP tergangtung pada penyaji.
b) OHP
tidak dipersiapkan untuk belajar mandiri.
c) Bahan
– bahan cetak seperti gambar, majalah, Koran, tidak dapat secara langsung
diproyeksikan karena harus dipindahkan terlebih dahulu.
d) Terkadang
ada bagian yang tidak dapat diamati bila guru perlu menambahkan suatu tulisan
pada transpran, karena tertutup oleh bayangan guru.
2.
MEDIA
AUDIO
Media Audio merupakan suatu
media untuk menyampaikan pesan dari pengirim ke penerima pesan melalui indera
pendengaran. Contoh: pita audio(rol kaset), piringan audio, radio.
v Kelebihan
media audio
a) Tidak
begitu mahal untuk kegiatan pembelajaran.
b) Audio
– tape cukup hemat,sebab suatu rekaman dapat dihapus dan diganti dengan materi
yang baru.
c) Dapat
digunakan untuk pembelajaran kelompok maupun individual.
d) Pebelajar
yang tuna netra maupun yang tuna aksara dapat belajar melalui media audio.
e) Media
audio dapat membawakan pesan verbal yang lebih dramatis dari pada media cetak.
f) Dengan
sedikit imaginasi guru, program audio dapat bervariasi.
g) Cassette
tape – recorder sangat ideal untuk belajar mandiri di rumah,karena bahan
pembelajaran pada pita kaset dapat diperbanyak.
v Kelemahan
media audio
a) Melalui
media audio kaset, dapat mendengarkan urutan penyajian yang tetap, bahkan bila
diputar kembali, akan terdengar hal – hal yang sama.
b) Tanpa
ada penyaji yang bertatap muka langsung dengan pebelajar
c) Pengembangan
media audio yang baik, akan banyak menyita waktu.
d) Penentuan
cara penyampaian informasi dapat menimbulkan kesulitan bila pendengar memiliki
latar belakang serta kemampuan mendengar yang berbeda.
e) Tidak
dapat diperoleh balikan secara langsung karena hanya ada satu jalur penyampaian
informasi.
3.
MEDIA
AUDIO VISUAL
Media
audio visual merupakan media yang dapat dilihat sekaligus dapat didengar,
seperti: film bersuara, video, televisi, sound slide. Media ini dibagi menjadi
dua yaitu:
·
Media Audio Visual Gerak
·
Media Audio Visual Diam
Ø Media
Audio Visual Gerak seperti, Televisi
v Kelebihan
Televisi
a) Bersifat langsung dan nyata, serta
dapat menyajikan peristiwa yang sebenarnya.
b) Memperluas tinjauan kelas, melintasi
berbagai daerah atau berbagai negara.
c) Dapat menciptakan kembali peristiwa
masa lampau.
d) Dapat mempertunjukkan banyak hal dan
banyak segi yang beraneka ragam.
e) Banyak mempergunakan sumber-sumber
masyarakat.
f) Menarik minat anak
g) Masyarakat diajak berpartisipasi
dalam rangka meningkatkan perhatian mereka terhadap sekolah.
v Kelemahan Televisi
a) Televisi hanya mampu menyajikan
komunikasi satu arah
b) Televisi pada saat disiarkan akan
berjalan terus dan tidak ada kesempatan untuk memahami pesan-pesan nya sesuai
dengan kemampuan individual siswa.
c) Guru tidak memiliki kesempatan untuk
merevisi tayangan TV sebelum disiarkan.
d) Layar pesawat televisi tidak mampu
menjangkau kelas besar sehingga sulit bagi semua siswa untuk melihat secara
rinci gambar yang disiarkan.
e) Kekhawatiran muncul bahwa siswa
tidak memiliki hubungan pribadi dengan guru, dan siswa bisa jadi bersifat pasif
selama penayangan.
Ø Media Audio Visual Diam seperti Film
Bingkai
v Kelebihan Film Bingkai sebagai media
pendidikan
a) Materi pelajaran yang sama dapat
disebarkan ke seluruh siswa secara
serentak
b) Perhatian anak-anak dapat dipusatkan
pada satu butir tertentu
c) Fungsi berfikir penonton dirangsang
dan dikembangkan secara bebas
d) Film bingkai berada di bawah kontrol
guru
e) Dapat dilakukan secara klasikal
maupun individu
f) Penyimpanannya mudah (praktis)
g) Dapat mengatasi keterbatasan
keterbatasan ruang, waktu dan indera
h) Mudah direvisi/diperbaiki, baik
visual maupun audionya
i) Relatif sederhana dan murah
dibandingkan dengan media TV
j) Program dibuat dalam waktu singkat.
v Kelemahan Film Bingkai sebagai media
pendidikan
a) Program film bingkai yang terdiri
dari gambar-gambar lepas mudah hilang atau tertukar apabila penyimpanannya
kurang baik
b) Hanya mampu menyajikan objek-objek
secara diam
c) Penggunaan program slide suara
memerlukan ruangan yang gelap, apabila tidak gelap makagambar yang
diproyeksikan kurang jelas
d) Dibangdingkan dengan gambar, foto,
bagan atau papan flanel pembuatan film bingkai jauh lebih mahal biayanya
4. MULTIMEDIA
Multimedia diartikan sebagai
penggunaan berbagai jenis media secara berurutan untuk menyajikan suatu
informasi.
v Kelebihan Multimedia dalam
pendidikan
a) Sistem pembelajaran lebih inovatif
dan interaktif.
b)
Mampu
menimbulkan rasa senang selama PBM berkangsung sehingga akan menambah motivasi
siswa.
c)
Mampu
menggabungkan antara teks, gambar, audio, musik, animasi gambar atau video
dalam satu kesatuan yang saling mendukung sehingga tercapai tujuan
pembelajaran.
d)
Mampu
menvisualisasikan materi yang abstrak
e)
Media
penyimpanan yang relative gampang dan fleksibel
f)
Membawa
obyek yang sukar didapat atau berbahaya ke dalam lingkungan belajar
g)
Menampilkan
obyek yang tidak dapat dilihat dengan mata telanjang
v Kelemahan Multimedia
a) Biaya relative mahal untuk tahap
awal
b) Kemampuan SDM dalam penggunaan
multimedia masih perlu ditingkatkan.
c) Belum memadainya perhatian dari
pemerintah
d) Belum memadainya infrastruktur untuk
daerah tertentu
5.
MEDIA REALIA
Realia atau disebut juga objek
adalah benda yang sebenarnya dalam bentuk utuh. Misalnya: Orang, Hewan, Sawah,
Tumbuhan.
v Kelebihan Media Realia
a) Menampilkan objek secara nyata
b) Biaya relative murah.
c) Sistem pembelajaran bisa langsung
dipahami siswa.
d) Dapat mempertunjukan banyak hal dan
beraneka ragam
e) Proses pembelajaran dapat
berlangsung di mana pun dan kapan pun.
f) Menanamkan konsep dasar yang
konkrit, benar, dan berpijak pada realitas.
g) Sifatnya konkrit lebih realistik
dibandingkan media lainnya.
v Kelemahan Media Realia
a) Objek yang ditampilkan cenderung
monoton sehingga tidak menarik minat siswa
b) Siswa tidak selalu mengetahui
bagaimana membaca objek nyata/real.
6.
Definisi
Grafik Garis (Line Graph)
Yaitu
grafik yang paling dapat menggambarkan data secara tepat. Dapat menggambarkan
hubungan antara dua kelompok data dan dapat digunakan untuk data – data yang
kontinyu. Diagram garis
juga memiliki sumbu datar dan sumbu tegak, dimana sumbu datar menyatakan waktu
dan sumbu tegak menyatakan kuantum data.
7.
Definisi
Grafik Batang
Diagram batang (histogram)
adalah gambaran mengenai suatu distribusi frekuensi, dimana untuk setiap kelas
dinyatakan dalam skala horizontal (datar) dan frekuensinya dalam skala vertical
(tegak); atau sebaliknya.
8. Definisi Bagan
Bagan
merupakan media yang berisi tentang gambar – gambar keterangan – keterangan,
daftar – daftar dan sebagainya. Bagan digunakan untuk memperagakan pokok –
pokok isi bagasi secara jelas dan
sederhana antara lain: perkembangan, perbandingan, struktur, organisasi.
DAFTAR PUSTAKA
·
Sri Anitah, Media Pembelajaran.
0 komentar:
Posting Komentar