Sabtu, 13 Juli 2013

FOTOSINTESIS



Assalamu`alaykum….. hai smua salam bagi pembaca saya ucapkan selamat datang di blogers saya. Dan saya ucapkan moga sehat selalu. Baiklah pada hari ini, atau tepatnya bulan ramadhan, saya akan memposting  tentang, pengertian, jenis-jenis  dan proses fotosintesis. kita semua pasti tahu, bahwa tumbuhan adalah produsennya mahluk hidup, kalau tidak salah, he...he... karena rantai makan pasti diawali oleh tumbuha manusia dan hewan hanya sebagai pemakai atau disebut juga dengan konsumen. btul tidak ya,, he..he… yuk.. kita langsung bahas aja ya,,,

Fotosintesis adalah proses pembuatan energi atau zat makanan/glukosa yang berlangsung atas peran cahaya matahari (Photo = cahaya, Synthesis = proses pembuatan/pengolahan) dengan menggunakan zat hara/mineral, karbon dioksida dan air. Makhluk hidup yang mampu melakukan fotosintesis adalah tumbuhan, alga dan beberapa jenis bakteri. Fotosintesis sangat penting bagi kehidupan di bumi karena hampir semua makhluk hidup bergantung pada energi yang dihasilkan oleh proses fotosintesis.

Proses Fotosintesis
Tumbuhan bersifat autotrof. Autotrof artinya dapat mensintesis makanan langsung dari senyawa anorganik. Tumbuhan menggunakan karbon dioksida dan air untuk menghasilkan gula danoksigen yang diperlukan sebagai makanannya. Energi untuk menjalankan proses ini berasal dari fotosintesis. Berikut ini adalah persamaan reaksi fotosintesis yang menghasilkan glukosa:

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjgbDrgGGDBbRRe1W150c47QGnutMESed0lYyQgEUcG_eESxXAd3Xf0xLP0dFN39Q5demXFDssFkaNnP4avza3vyvWt8vWwdNb-Gh_QhK6l7LXtJiCPdpKkA4IjOIwc568qeDfOVw5btGCR/s1600/biologirendy.blogspot.com-.jpg

 

Proses atau Reaksi fotosintesis ada dua
1. Reaksi terang
Berlangsung di dalam membran tilakoid di grana. Grana adalah struktur bentukan membran tilakoid yang terbentuk dalam stroma, yaitu salah satu ruangan dalam kloroplas. Di dalam grana terdapat klorofil, yaitu pigmen yang berperan dalam fotosintesis. Reaksi terang di sebut juga fotolisis karena proses penyerapan energi cahaya dan penguraian molekul air menjadi oksigen dan hidrogen.
Berlangsung di dalam stroma. Reaksi yang membentuk gula dari bahan dasar CO2 yang diperoleh dari udara dan energi yang diperoleh dari reaksi terang.
Tidak membutuhkan cahaya matahari, tetapi tidak dapat berlangsung jika belum terjadi siklus terang karena energi yang dipakai berasal dari reaksi terang.
Ada dua macam siklus, yaitu siklus Calin-Benson dan siklus hatch-Slack. Pada siklus Calin-Benson, tumbuhan menghasilkan senyawa dengan jumlah atom karbon tiga, yaitu senyawa 3-fosfogliserat. Siklus ini dibantu oleh enzim rubisco. Pada siklus hatch-Slack, tumbuhan menghasilkan senyawa dengan jumlah atom karbon empat. Enzim yang berperan adalah phosphoenolpyruvate carboxylase.
produk akhir siklus gelap diperoleh glukosa yang dipakai tumbuhan untuk aktivitasnya atau disimpan sebagai cadangan energi.

0 komentar:

Posting Komentar