Jumat, 12 Juli 2013

Menyusun Paragraf


Ø  Paragraph atau Alinea
Yaitu seperangkat kalimat yang membahas atau topic atau hanya mengacu pada satu gagasan pokok. Topic dituangkan kedalam suatu kalimat yang disebut dengan kalimat topic atau kalimat utama, sedangkan kalimat yang menjelaskan kalimat topic disebut kalimat penjelas.

Ø  Syarat-syarat Pembentukan Paragraf
1.      Kesatuan
Semua kalimat dalam paragraf itu secara bersama-sama mendukung satu ide tau gagasan pokok. Jadi, tidak boleh ada kalimat sumbang atau menyimpang dari pikiran utamanya.
Contoh paragraf berkalimat sumbang
·    Hari akan hujan. Angin bertiup kencang. Debu-debu beterbangan. Awan hitam bergerak dengan cepat. Burung-burung berkicau riang. Para pedagang kaki lima sibuk mengemas dagangannya.
2.      Koherensi
Kepaduan atau kekompakan hubungan antara kalimat satu dengan kalimat lain dalam paragraph tersebut. Kepaduan kalimat dalam suatu paragraf dapat dijalin dengan penanda hubungan, baik penanda hubungan eksplisit maupun implicit.
a.       Penanda hubungan secara eksplisit
1)      Pengulangan Kata
Contoh:
Semua isi alam ini adalah makhluk, artinya ciptaan Tuhan. Ciptaan Tuhan yang palimg sempurna dan paling mulia adalah manusia. Manusia diizinkan oleh tuhan memanfaatkan semua isi ala mini untuk keperluan hidupnya. Akan tetapi, tidak diizinkan menyakiti,menyiksa,dan menyia-nyiakan.
2)      Kata Ganti
Contoh:
Maya anak Pak Karto. Sekarang ia kelas III SMP. Tiap pagi teman-temannya selalu menghampirinya. Mereka berangkat dan pulang bersama-sama
3)      Kata-kata Penghubung
Contoh:
Semalam suntuk Rahman menonton pertandingansepak bola di televise. Oleh karena itu, ia bangun kesiangan. Akibatnya, ia terlambat masuk ke sekolah.
b.      Penanda Hubungan secara Implisit
Contoh:
Matahari belum tinggi benar, baru sepenggalan, sinarnya yang keemasan membuat suasana sangat cerah. Angin segar bertiup sepoi-sepoi biasa menggerak-gerakan daun pepohonan. Burung-burung pun berkicau riang. Tampak segalanya indah.
3.      Pengembangan
Pengembangan idea tau gagasan dengan menggunakan kalimat-kalimat pendukung.
4.      Efektif
Disusun dengan menggunakan kalimat efektif sehingga ide bisa tersampaikan dengan tepat.

0 komentar:

Posting Komentar